Halaman Utama > Dharmaraja Lian-sheng > Silsilah Satya Buddha > Pujian dari Da-zeng-wangbo Rinpoche - Nyingmapa


Pujian dari Da-zeng-wangbo Rinpoche - Nyingmapa

 

Berikut adalah isi surat dari Da-zeng-wang Rinpoche.
 
Kepada Vajra Acarya Lian-sheng di Mandalasana :
 
Selalu memperoleh bimbingan, bersuka cita atas semua. Menerima Foto Mata Ketiga dari Anda, sungguh istimewa dan penuh sukacita.
 
Semenjak filsafat Timur perlahan  menyebar ke Barat, terjadi pembauran antara budaya Timur dan Barat, saling memberi manfaat.
 
  Anda memiliki silsilah 4 aliran tantra, kemudian mendirikan Zhenfo Zong, hal ini tidak dapat terwujud dengan mudah dalam waktu singkat, memerlukan seorang yang Tercerahkan dan juga memiliki Maha-abhijna, melalui waktu puluhan tahun baru dapat berdiri. Pendirian  sebuah aliran merupakan karya selama ratusan bahkan puluhan ribu tahun, bukan sesuatu yang remeh.
 
Saya berharap Zhenfo Zong dari Acarya Lian-sheng dapat memberikan manfaat nagi sepuluh penjuru insan, menggunakan Buddha Dharma untuk menuntun insan luas.
 
Saya mengetahui bahwa Anda telah memperoleh keberhasilan, telah memperoleh intisari ajaran dari Para Rinpoche, menguasai sutrayana dan tantrayana, serta mengembangkan Mahabodhicitta, sepenuh hati membabarkan Dharma, mengajarkan intisari Tantrayana yang telah disesuaikan dengan para insan di masa kini, menggunakan pena untuk menuliskan Mahaprajna, semua ajaran tantra yang tersembunyi dan langka, telah Anda babarkan, demi memberi manfaat pada dunia. Saya Da-zeng Wang-bo Rinpoche mengetahui bahwa Anda adalah Sadhaka Tantra yang penuh kebajikan, yang rela hancur berkeping-keping demi menuntun para insan, pahala kebajikan ini bahkan lebih banyak daripada pasir Sungai Gangga.
 
Kelahiran Anda telah diramalkan oleh Guru Padmasambhava, ada sebuah gatha :
 
 Padmasambhava telah meramalkan, tercatat dalam sutra-sutra
  
ketika jaman dimana mara mulai menguat, saat burung besi (pesawat ) bertebangan 
 
Saat itu merupakan saat bangkitnya Satya Dharma,
 
Bagaikan menyalakan semua pelita, seketika menerangi dunia,
 
Para insan dapat terselamatkan, tanggung jawab yang berat dan jalan yang panjang,
Saat ini afinitas telah matang, tanpa rintangan berada dalam terang.
 
Hanya memohon kepada Guru, semoga berwelas asih mengadhistana dan membimbing.
 
Saya ( Buddha Hidup Da-zeng Wang-bo ) mengetahui Anda berpandangan luas, sangat jelas memahami masa kini, Anda mengembangkan Buddha Dharma. Di waktu dan lokasi ini, dalam membabarkan Dharma dan mengumpulkan kekuatan khalayak perlu menyesuaikan dengan perkembangan waktu dan lokasi. Bhavana Tantra menitikberatkan pelatihan nyata, Anda dapat mengumpulkan khalayak bersama berpuja bakti, menetapkan peraturan, menekuni sadhana sesuai urutan, dengan demikian para siswa akan mengetahui betapa langkanya Dharma yang Anda babarkan.
 
Dalam hal alat Dharma Tantrayana, dapat dikatakan sangat rumit dan memerlukan banyak biaya, berbagai macam liturgi tidak mudah untuk ditekuni. Dalam hal mendirikan altar mandala, mengutamakan keagungan demi membangkitkan sukacita, dalam hal pelafalan mantra dan pujana menitikberatkan penyesuaian dan ketulusan, dalam hal liturgi dan alat Dharma yang dapat diringkas maka boleh diringkas, sebab jika tidak demikian maka orang awam akan sukar untuk menerimanya.
   
Dalam Buddhisme Tantrayana, di negara Barat makin banyak yang mendalami Tantra, Buddha Hidup telah datang di negara Barat, sangat banyak transmisi Dharma dan abhiseka , terus berkesinambungan tanpa henti, terlihat sangat berkembang pesat. Namun orang Barat kekurangan fondasi filsafat Timur, pembelajaran orang Barat lebih condong hanya pada menata altar , melafal mantra dan pujana belaka, namun tidak memahami makna yang terkandung di dalamnya, terlebih dikarenakan waktu transmisi Dharma yang sangat singkat, juga tidak ada rencana pembabaran yang matang, juga tidak ada tenaga penterjemahan sutra dan teks, dalam waktu yang singkat ini belum membuahkan hasil yang diharapkan. Orang Barat lebih mengutamakan realitas , apabila dalam waktu singkat tidak terjadi yukta, yang terjadi adalah semua afinitas yang ada hanya kosong belaka, hal ini saya bahas berdasarkan pengalaman.
 
Kekuatan ikrar Anda sangat luas dan mendalam, di Amerika bisa terdapat Pintu Dharma yang demikian luas,  sungguh dikarenakan pembabar Dharma yang berbakat, apalagi telah menguasai sutra dan sastra, telah menjalani penekunan Tao , sutrayana dan tantrayana, tak kenal lelah dalam belajar dan memperoleh bimbingan banyak Rinpoche, bahkan dalam Samadhi memperoleh bimbingan Guru Padmasambhava, memperoleh Anuttaratantra yang bahkan sangat sukar dijumpai oleh para dewa dan manusia , yang mendengarkan pembabaran Dharma di Seattle juga sekitar ratusan bahkan ribuan umat, siswa sarana berasal dari seluruh penjuru dunia, berjumlah lebih dari 60,000 , karya tulis yang dihasilkan juga sesuai dengan masa kini, Dharma yang dibabarkan sangat agung dan mendalam, semua karya tulis Anda menunjukkan pemahaman mendalam akan tujuan dan ketertarikan umat manusia dalam hidup, membabarkan Sadhana Tantra dengan jelas, tidak menyimpang dari jalan tengah, hal ini sangat berharga ! 
   
Saya ( Buddha Hidup Dazeng Wangbo ) mengetahui bahwa Anda sungguh menekuni bhavana sejati, merupakan Acarya Tantra yang sungguh memiliki karya dan ikrar agung, kelak akan memohon kepada beberapa titisan Rinpoche yang memiliki pencapaian, untuk segera saling membantu, demi selarasnya pembabaran ajaran dan kesempatan yang ada, selaras dengan kesucian agung dan kemuliaan filosofi, transmisi Dharma juga selaras dengan waktu, banyak Rinpoche memberikan bantuan, dengan konsepsi baru, membabarkan keunggulan makna Avatamsaka.
  
Kelangsungan dari Satya Dharma dari Nyingmapa berada pada pundak Anda, Karmapa dari Kagyudpa juga sangat memuji Anda, Anda juga memiliki silsilah Sakyapa dan sekte Ganden Gelugpa, dengan kondisi istimewa ini membabarkan Tantrayana, Anda menyusun ajaran mendirikan aliran, sungguh memiliki makna yang sangat agung. 
  
Saya ( Buddha Hidup Dazeng Wangbo ) akan memberitahukan kepada para Rinpoche lainnya, mengenai keberhasilan Anda akan Anuttarayogatantra, serta penguasaan Anda dalam Dharma Hati dari sekte kuno Nyingmapa,apalagi Maha Ati sangat berharga dan luar biasa, sangat unggul dan sukar dijumpai, Acarya Sheng-yen Lu yang berada di dunia svaha ini adalah Padmakumara dari Mahapadminiloka Buddha Ksetra Barat, merupakan titisan Buddha purba. 
 
Kelahiran sebagai manusia sangat sukar diperoleh, Buddha Dharma sejati juga sukar dijumpai, terhadap keberhasilan Anda, kami beberapa Buddha Hidup berpendapat bahwa hal tersebut sangat agung dan sukar diperoleh, Anda bagaikan pelita penerang kegelapan malam, bahtera dalam samudra samsara, orang di negara Barat bersarana kepada Anda, penuh ketekunan dan semangat, ini semua merupakan berkah agung bagi masyarakat negara Barat.
   
Semoga semua manggala dan paripurna,
Dazeng Wangbo , 25 September 1984
 
Lampiran: saya ingin mengundang anda untuk mengunjungi daerah pergunungan Tibet, ini adalah niat hati saya, kelak jika bertemu kita dapat berbincang lebih lama, juga dapat membhas intisari dharma dengat seksama. Beberapa hari ini, Sakya Gan-ma Rinpoche datang mengunjungi daerah ini, aktivitas vihara pun sangatlah sibuk, saya akan menulis surat lagi setelah kesibukan ini.
 
 
Judul Asli :
紅教達增旺波仁波切的讚譽
 
Sumber :
Diterjemahkan Oleh Lianhua Yi-hong dan Lianhua Shian
 
◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?