Halaman Utama > Dharmaraja Lian-sheng > Silsilah Satya Buddha > Kasur Jigme Lhundup Rinpoche Bersarana Kepada Dharmaraja Liansheng


Kasur Jigme Lhundup Rinpoche Bersarana Kepada Dharmaraja Liansheng

 

 

 

 
Kasur Jigme Lhundup Rinpoche Kepercayaan Dalai Lama Bersarana Kepada Dharmaraja Lian-sheng
 
Dua tamu agung yang turut mendukung Upacara Agung di Seattle kali ini berasal dari Dharamshala India Selatan , beliau adalah Kasur Jigme Lhundup Rinpoche dan Danbala Geshe, masing-masing merupakan Rinpoche yang sangat dimuliakan di Tantra Tibet dan seorang doktor Agama Buddha. Dalam upacara, keduanya menerima abhiseka dan adhistana dari Dharmaraja Lian-sheng Sheng-yen Lu. 
 
Saat Jigme Rinpoche belum genap usia 2 tahun , beliau telah dikenali sebagai titisan, sebagai Buddha Hidup yang datang kembali. Bulan Oktober tahun lalu beliau pernah bertandang ke Seattle Ling Shen Ching Tze Temple (西雅圖雷藏寺) serta menjalin afinitas dengan Dharmaraja Lian-sheng.
  
Kedatangan beliau kali ini adalah untuk berpartisipasi dalam upacara tanggal 15 dan 16, beliau sangat sepakat dengan isi Dharmadesana Dharmaraja Lian-sheng yang sarat akan Prajna. Menanggapi selera humor dari Dharmaraja Lian-sheng, Kasur Jigme Lhundup Rinpoche seperti para siswa lainnya juga turut bersukacita, tertawa, memuji dan bertepuk tangan.
 
Berdasarkan catatan, Kasur Jigme Lhundup Rinpoche pernah menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri dari Dalai Lama ke 14, Menteri Keamanan, Ketua Legislatif Periode 6, dan saat ini sedang menjabat sebagai Ketua Badan Investigasi dan Ketua Pusat Studi Budaya Tibet. 
 
Pada kata sambutannya dalam upacara 15 Februari , Jigme Rinpoche mengatakan bahwa beliau sungguh bahagia dapat menyaksikan para siswa Buddha dari seluruh penjuru dunia berkumpul di Seattle nan indah ini. Beliau sangat berterima kasih atas bantuan Dharmaraja Lian-sheng bagi banyak vihara di India Selatan, kelak beliau akan mendirikan Vihara Adinata Prajna ‘Manjusrisala’ di kampung halamannya Amdo, setelah didirikan, mengundang Dharmaraja Lian-sheng untuk hadir membabarkan Dharma dan mengulas sutra bagi para umat. 
 
Dalam upacara, Kasur Jigme Lhundup Rinpoche juga mempersembahkan hata sebagai pujana dan tanda penghormatan tertinggi. Kepada Dharmaraja Lian-sheng, Kasur Jigme Lhundup Rinpoche  juga mempersembahkan thangka Panca Dakini rupa-tubuh-penciuman-perasa dan sentuhan.
 
Dalam upacara dan transmisi Dharma kali ini, Kasur Jigme Rinpoche bersama para siswa yang lain bersama-sama menerima abhiseka dan adhistana dari Dharmaraja Lian-sheng. Usai serangkaian acara, Rinpoche mengutarakan kepada Dharmaraja Lian-sheng bahwa beliau sangat tersentuh dan dipenuhi Dharmasukha karena dapat bersarana pada Dharmaraja Lian-sheng. Beliau juga mengatakan bahwa Dalai Lama adalah Mulacaryanya yang pertama, sedangkan sekarang Dharmaraja Lian-sheng juga merupakan Mulacaryanya.
 
 
Berita Terbaru :
Judul Asli :
黃教金美仁波切皈依蓮生活佛
 
Sumber :
◎ Mengapa dan Bagaimana Bersarana ?
Diterjemahkan Oleh Lianhua Shian